Dalam pemrograman, mencetak pola seperti segitiga menggunakan karakter *
adalah latihan dasar yang sering digunakan untuk memahami konsep perulangan (loop
). Pada artikel ini, kita akan belajar cara membuat segitiga menggunakan bahasa pemrograman C/C++.
Konsep Dasar
Kita akan menggunakan perulangan bersarang (nested loop
) untuk mencetak segitiga. Struktur dasarnya terdiri dari:
Loop luar: Mengatur jumlah baris segitiga.
Loop dalam pertama: Mencetak spasi untuk merapikan segitiga.
Loop dalam kedua: Mencetak karakter
*
membentuk segitiga.
Kode Program dalam C
Berikut adalah kode lengkap dalam bahasa C:
#include <stdio.h>
int main() {
int i, j, tinggi;
// Meminta pengguna memasukkan tinggi segitiga
printf("Masukkan tinggi segitiga: ");
scanf("%d", &tinggi);
// Loop untuk baris
for (i = 1; i <= tinggi; i++) {
// Loop untuk mencetak spasi (agar segitiga rata tengah)
for (j = 1; j <= tinggi - i; j++) {
printf(" ");
}
// Loop untuk mencetak bintang
for (j = 1; j <= 2 * i - 1; j++) {
printf("*");
}
// Pindah ke baris baru
printf("\n");
}
return 0;
}
Penjelasan Program
Meminta Input Pengguna
Program meminta pengguna memasukkan tinggi segitiga.
Loop untuk Baris
Perulangan
for (i = 1; i <= tinggi; i++)
mengatur jumlah baris.
Loop untuk Spasi
for (j = 1; j <= tinggi - i; j++)
menambahkan spasi agar segitiga rata tengah.
Loop untuk Bintang
*
for (j = 1; j <= 2 * i - 1; j++)
mencetak*
sesuai pola.
Pindah ke Baris Baru
printf("\n");
digunakan untuk beralih ke baris berikutnya.
Contoh Output
Jika pengguna memasukkan angka 5
, maka hasilnya:
*
***
*****
*******
*********
Kode Program dalam C++
Jika ingin menggunakan C++, cukup ubah sedikit sintaksnya:
#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
int i, j, tinggi;
cout << "Masukkan tinggi segitiga: ";
cin >> tinggi;
for (i = 1; i <= tinggi; i++) {
for (j = 1; j <= tinggi - i; j++) {
cout << " ";
}
for (j = 1; j <= 2 * i - 1; j++) {
cout << "*";
}
cout << endl;
}
return 0;
}
Kesimpulan
Kita telah belajar cara membuat segitiga menggunakan
*
dalam bahasa C dan C++.Program ini menggunakan perulangan bersarang untuk mencetak spasi dan bintang.
Dengan pemahaman ini, kita bisa membuat pola lainnya seperti segitiga siku-siku atau terbalik.
Semoga bermanfaat! 😊
Comments
Post a Comment